Senin, 17 Mei 2010



HANGEUL




Di zaman yang serba modern ini, arus informasi antar negara yang didukung oleh semakin canggihnya informasi dan transportasi
membuat komunikasi semakin cepat dan mudah dilakukan sehingga penguasaan bahasa asing mutlak diperlukan. Dengan menguasai bahasa asing, akses untuk meningkatkan karier, pendidikan, membuka jaringan usaha, atau sekedar memperluas pergaulan akan semakin terbuka.

Bahasa asing yang paling utama harus dikuasai adalah bahasa Inggris. Tak bisa dipungkiri, bahasa Inggris adalah “senjata utama” untuk bertarung dalam kompetisi yang semakin ketat, baik saat mencari pekerjaan ataupun melanjutkan pendidikan. Selain bahasa Inggris, ada baiknya Anda menguasai bahasa asing lain guna meningkatkan nilai jual Anda.


Diantara beragam bahasa asing, salah satu yang patut Anda pelajari adalah Bahasa Korea. Dengan menguasai bahasa Korea, akses Anda untuk turut serta dalam serta sama antar negara tersebut semakin terbuka lebar. Disini, Anda akan diperkenalkan pada dasar tata bahasa dan sistem alphabet bahasa Korea yang disebut Hangul, yang mutlak harus dipelajari jika ingin menguasai bahasa Korea.


Abjad Korea, Hung Min Chong Um, ditemukan Raja Sejong dari Dinasti Yi lebih dari lima abad lalu. Berdasarkan abjad yang terdiri dari 24 huruf ini, yakni 14 huruf mati (konsonan) dan 10 huruf hidup (vowel), terdapat 21 vowel dan 19 konsonan. Berikut adalah sistem alfabet Hangul:

Vowel dalam bahasa Korea bisa ditempatkan di sisi kiri, kanan, atau bawah untuk membentuk sebuah kata. Ketika membentuk sebuah kata, Anda harus menggabungkan konsonan dan voel, dimulai dengan konsonan di awal sebuah kata. Berikut adalah contoh penggunaan huruf Hangul dan cara penulisannya:



Berikut ini adalah beberapa contoh penggabungan antara huruf konsonan dan vowel yang membentuk sebuah kata :




0 Comments: